Jumat, 28 Juli 2023

TUTONG LOM !! 20 Hektare Lahan Kosong Terbakar di Aceh Besar

 


THE REPORTER - Seluas 20 hektare lahan kosong di Gampong Ie Suum, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar terbakar, Jumat, 28 Juli 2023 sekira pukul 14.00 WIB.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil melalui Pusdalops Masnawi mengatakan lahan terbakar tersebut ditumbuhi ilalang dan dahan kayu kering. Sehingga mudah terbakar dan api cepat menjalar.

“Mengingat kondisi cuaca kemarau serta teriknya cuaca membuat api cepat menjalar. Untuk penyebab kebakaran masih penyelidikan pihak berwajib,” katanya.

 Masnawi menyebutkan pihaknya mengerahkan tiga unit armada pemadam kebakaran (damkar) terdiri dari satu unit dari Pos Durung, Khaju dan Pos Induk.

“Lokasi titik api sulit dijangkau, sehingga sebagian pemadaman dilakukan dengan cara manual menggunakan back pump dan juga dengan penyambungan selang,” ungkap Masnawi.

Masnawi mengimbau dan mengajak keuchik atau tokoh masyarakat sama-sama mengawasi serta menjaga serta selalu mensosialisasikan kepada warga, untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Selain itu jangan membuang puntung rokok sembarangan. Karena sekecil apapun sumber api akan berpotensi terjadinya kebakaran, apalagi saat musim kemarau.,” cetus Masnawi.(AJNN)
 

Share:

0 comments:

Terima Kasih Hari ini Anda Pembaca ke:

REPORTER TV