Jumat, 25 Agustus 2023

Gampong Lamteumen Timur kota Banda Aceh akan Rayakan HUT RI -78 pada akhir Agustus

 


THE REPORTER -Lazimnya di  seluruhnya daerah, HUT kemerdekaan RI dirayakan pada bertepatan pada tanggal 17 Agustus setiap tahun. Ada juga kampung yang mulai mengadakan kegiatan beberapa hari sebelum hingga sesudah tanggal tersebut.

Namun beda halnya dengan gampong atau desa Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. 

Gampong ini baru akan mengadakan kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke -78 tahun ini, menjelang akhir bulan Agustus. 

Sejumlah perlombaan akan digelar gampong Lamteumen Timur pada hari Ahad atau Minggu 27 Agustus 2023.

Keuchik Gampong Lamteumen Timur, Riazil S.Sos menyampaikan, pemerintah Gampong bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Gampong Lamteumen Timur, akan menggelar lomba utama "Memasak Kuah Pliek U",

Uniknya, lomba memasak salahsatu satu kuliner tradisional Aceh tersebut, akan diikuti oleh kaum Bapak.

"Lomba memasak kuah pliek ue kita pilih untuk melestarikan dan promosi wisata kuliner Aceh, yang nanti dilanjutkan dengan kenduri bersama," jelas Keuchik Riazil.

Rangkaian lomba memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-78 dimulai dengan pawai keliling kampung pada pagi hari..

Selain itu, berbagai lomba menarik lainnya juga akan diadakan untuk seluruh lapisan masyarakat gampong.

Untuk remaja akan digelas lomba maju mundur, lomba balap lari sarung dan oper air. untuk anak-anak diadakan lomba makan kerupuk, bawa kelereng dan mengisi air dalam botol. Sementara untuk kaum ibu digelar lomba arah jarum dan suap makan pisang.

Semua kegiatan dilaksanakan di Lapangan SGO, Dusun Teratai, gampong Lamteumen Timur.


 

Terkait perayaan yang dilaksanakan pada akhir Agustus ini, Keuchik Riazil menjelaskan disebabkan pada tanggal 17 Agustus lalu, gampong Lamteumen Timur sedang dalam suasana berduka, dengan meninggalnya salahs seorang tokoh masyarakat setempat. Yaitu Almarhum Husni, yang merupakan mantan Keuchik gampong Lamteumen Timur. 

"Walau kita adakan di akhir Agustus, antusias warga menyambut kegiatan ini sangat baik dan semoga tidak mengurangi semnagat merayakan HUT Kemerdekaan RI tahun ini," pungkas Keuchik Riazil.(*)


Ikuti Facebook Gampong Lamteumen Timur

Share:

0 comments:

Terima Kasih Hari ini Anda Pembaca ke:

REPORTER TV