Rabu, 22 November 2017

Ketika Ulama Memuliakan Ulama, Mengapa Masih Ada "Oknum" Yang Jahil dan Jaim?


Perasaan Cinta dan Sedih mendorong hasrat saya untuk menulis. Namun ada gejolak emosi yang membuat otak tidak mampu mengeluarkan ide apapun untuk mulai menggerakkan jari.

Perasaan Cinta saya kepada para Ulama, layaknya seorang santri mencintai Guru atas segala ilmu yang pernah di ajarkan serta berharap syafaat dan berkah, Namun perasaan Sedih juga tidak bisa saya sembunyikan selama ini, saat mendengar banyak Ulama yang di hina dan di fitnah di Negeri ini.

Kemarahan sempat hinggap saat penghinaan terhadap para Ulama karismatik Aceh dan Ulama nasional dilakukan oleh beberapa "oknum Netizen" di media sosial. Ada yang cuma akun palsu, ada yang cuma anak ingusan jaman now yang cari sensasi dan akhirnya minta maaf setelah ter-cyiduk, bahkan ada pula akun dari kalangan "oknum" tokoh akademisi yang follower-nya mencapai ribuan.

Heran, ternyata semakin tinggi pendidikan, semakin hebat titel dan gelar yang disandang, tidak menjamin seseorang semakin cerdas dan berakhlak.

Tapi lagi-lagi, saya tidak mampu menuliskan apapun untuk mewakili perasaan Cinta, Sedih dan Marah yang bercampur aduk saat Ulama di hina. Hingga semalam, saya membaca sebuah tulisan indah dari seorang Guru saya, yang saya anggap juga sebagai Ulama.

Beliau adalah Bapak Rustam Effendi, dosen saya masa kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala, Walau saya selalu mendapatkan nilai E dan D pada mata kuliah beliau, tidak sedikitpun mengurangi rasa hormat saya pada beliau yang saya anggap juga sebagai Ulama. Karena bagi saya, setiap orang yang berilmu pengetahuan tinggi adalah Ulama dibidangnya, dan setiap orang yang pernah mengajari saya ilmu adalah Guru saya.

Pak Rustam Effendi, saya mohon di izinkan untuk membagikan kembali tulisan bapak di "tembok coretan" saya ini. Semoga diperkenankan.


HORMATILAH ULAMA


"ANDA boleh saja bergelar Doktor yang ahli konduktor, atau jago Matematika dengan kemampuan mengurai rumus hingga bintang tujuh. Anda bisa saja menyandang gelar Profesor yang sangat jago soal kompresor. Mungkin, Anda seorang Master yang dikenal hebat dan ahli obati penyakit udang Lobster. Atau, bisa jadi Anda baru saja menyandang titel Sarjana yang skripsinya memuat masalah dampak bencana, atau cara atasi hama tanaman Pala.

TIDAK masalah. Masing-masing hamba dikurniai hebat dibidangnya sendiri-sendiri. Hidup memang ada yang kita kejar dan disandang. Dengan begitu mungkin orang akan memandang kita. Itu pula yang mungkin membuat kita bernilai dan dikenal.

SIAPA pun kita, sebaiknya tidak lupa diri. Tidaklah memandang remeh orang lain. Setinggi apa pun sekolah dan gelar yang kini kita sandang searifnya tidak mengabaikan orang-orang di sekeliling kita.

ORANGTUA kita yang terutama harus dihormati. Karena mereka kita bisa begini. Ingatlah saat-saat kita dulu masih belum mampu berbuat apa-apa. Ayah-Bunda yang mengasuh dan mengarahkan hidup kita dengan buaian dan belaian kasih sayangnya. Papa-Mama kita juga yang membuat hidup kita jadi bermakna. Tanpa orangtua hidup sangat hampa dan dapat gelap arah jalan kita.

ULAMA juga sosok lain yang tak boleh kita remehkan dalam alur kehidupan ini. Inilah pewaris Nabi, penerang jalan kehidupan di saat-saat kita kehilangan arah. Ulama menjadi tempat bertanya, tidak hanya di saat susah dan gelisah, tapi juga ketika kita sedang dikucuri rahmat dan nikmat.

SAHABATKU, hargailah Ulama. Boleh kita tidak menyanjungnya, tidak mengapa, itu hak kita. Tapi, tetaplah hormati Ulama. Boleh saja Anda bergelar Profesor, Doktor, Master, atau Sarjana, tapi sejatinya jangan pernah hina Ulama, jangan pernah caci Ulama.

TAK mungkin lagi kita bisa bertemu Nabi dalam hidup ini karena tidak akan ada lagi Nabi. Tapi, yakinlah kita tetap akan selalu bertemu Ulama. Ulama juga yang ikut memandikan, mengkafankan, dan mensalatkan ketika kita mati, saat kembali ke haribaan Ilahi, nanti."

PESAN saya, jangan angkuh-congkak-sombong, Kawan.  

Tetap HORMATI ULAMA !♡♡♡♡♡[RE•21•11•2017]


Kutipan

Share:

0 comments:

Terima Kasih Hari ini Anda Pembaca ke:

REPORTER TV